Keraton Jogja Penuh Makna

September 04, 2017

Apa sih yang menarik dari Yogyakarta sehingga disebut sebagai daerah istimewa? Ada nggak yang punya pertanyaan sama kayak saya ? ternyata ini dia alasannya :
1.      Terkenal sebagai pemerintahan berbentuk kerajaan.
Jauh sebelum Indonesia merdeka, Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat udah lama berdiri dan sangat kental budayanya. Dan saat Indonesia sudah merdeka pun, keberadaan kerajaan itu tetap dihormati.
2.      Sistem kerajaannya masih harum sampai saat ini
Penduduk asli Yogyakarta tetap berpegang pada peraturan kerajaan, menggunakan bahasa dan memakai peraturan adat, mengutamakan persaudaraan dan terus menjaga budayanya.
3.      Diberi predikat sebagai kota pendidikan
Nah kalau yang ini sepertinya semua udah pada tahu. Begitu banyak perguruan tinggi di Yogyakarta gedungnya udah bagus, mutunya terjamin, dan akreditasinya baik. Sehingga, banyak pelajar dari berbagai kota yang datang ke Yogyakarta.
4.      Kota wisata dan kota budaya
Potensi yang dimiliki Yogyakarta bisa dibilang sebagai tempat wisata terbesar setelah Bali. Yogyakarta punya beberapa keistimewaan yang mencakup wisata pendidikan, wisata kuliner, wisata alam, wisata sejarah dan juga budayanya. Terlihat dari berbagai peninggalan benda bersejarah, seni tradisi yang masih dilestarikan sampai sekarang dan juga heritage keratonnya. 

Heritage Keraton Jogja
heritage keraton jogja

Nah ngomongin soal Keraton, kunjungan saya ke Jogja beberapa waktu lalu tentunya ga mau kelewatan sama bangunan bersejarah yang merupakan istana dan tempat tinggal dari Sultan Hamengku Buwono dan keluarganya.
Keraton Jogja penuh makna
Keraton Jogja

Kami tiba disana pkl. 12.40 WIB. Siang banget yak, tapi ga perlu khawatir karena sebelumnya udah isi bensin dulu alias makan. Yang belum tau ceritanya silakan baca dulu “JEJAMURAN”

Tiket masuknya sebesar Rp. 4000/orang. Keraton Yogyakarta dengan segala adat istiadat dan budayanya menjadi cermin kehidupan masyarakat Jogja. Keraton Yogyakarta juga menjadi obyek wisata utama di Kota Yogyakarta baik dari sisi peninggalan bangunannya maupun adat istiadat yang ada di dalamnya.

Sayangnya pas saya kesana ga nemuin pementasan budaya, mungkin karena udah siang. Keraton Jogja ini sangat kental dengan warisan budaya etnik Jawa yang masih bisa dilihat di area keraton. 
Keraton Jogja Penuh makna

Sebagian kompleks keraton digunakan sebagai museum buat nyimpen koleksi milik kesultanan seperti gamelan. Di sebelah ruang gamelan, kalian juga bisa melihat foto-foto Sultan yang memerintah kerajaan Yogyakarta sejak awal didirikan hingga sekarang.
Keraton Kesultanan Jogja
Ruangan Foto Sultan Hamengkubuwono




Keraton Jogja Penuh makna


Sekian dulu cerita saya tentang Keraton Jogja. Mampirlah kesini kalau sedang berlibur ke Jogja dan nikmati suasana masa lampau yang begitu menenangkan.

Terima kasih sudah berkunjung

You Might Also Like

0 comments