Kopi Joss

Agustus 11, 2017

Selepas dari Candi Ratu Boko pkl. 17.30 kami kembali ke Seturan untuk mengambil tas yang tadinya dititip di rumah Mbak Rani. Setelah check in, mandi dan berganti pakaian kami kembali keluar untuk nguliner bareng temannya Wi Dek sambil reunian ceritanya.
Karena penginapan dan rumahnya Mbak Rani deketan jadi kita berangkat bareng naik mobil. Ketakutan mulai muncul : takut mabok. Tapi untungnya di tas selalu sedia permen buat diemut selama perjalanan hehe. Kali ini Mbak Rani yang nge-guide sebagai tuan rumah di Jogja. Ngelewatin jalan yang sempit dan berlubang bikin perut dikocok rasanya haha. Sampailah kami di The House of Raminten, tapi antreannya kayak ular naga panjangnya. Jadi malam itu kami batal makan disana!
Jalanan yang macet apalagi naik mobil jadi harus extra sabar sambil menahan lapar sampe pantat lebar untungnya ga isi mual hihi. Setelah muter-muter (saya lupa lewat jalan mana aja yang jelas kayaknya dejavu gitu lewat jalan itu), sampai akhirnya kita berhenti di sebuah angkringan. Lokasinya ada di dekat Tugu Jogja tapi saya lupa nama tempatnya. 
Angkringan merupakan salah satu ciri khas Jogja. Keistimewaannya adalah jam bukanya bisa sampai dini hari. Jadi kalau kalian lapar tengah malam, bisa cari makanan di ankringan. Kenapa angkringan selalu ramai? karena harga makananya yang murah meriah. Lauknya macem-macem, ada tempe mendoan, bakwan, sate usus, sate udang, bacemaan tahu, baceman kepala ayam, sego kucing, dan ga ketinggalan ada sambel teri. Ciri khas angkringan pasti ada wedhang jahe dan sego kucing.
Banyak yang lebih memilih menghabiskan waktu dengan nongkrong di angkringan sambil sesekali ngambil gorengan dan baceman. Selain itu ada yang unik dari angkringan ini yaitu “Kopi Joss”. Yaa segelas kopi yang diisi arang panas. Kebayang ga gimana cara minumnya ? Gimana pas nyeruput kopi tapi bibir malah kesenggol arang panas.. Wi Dek yang penasaran akhirnya memesan 1 gelas kopi joss ini. Tapi pas mau minum, arangnya dikeluarin dulu soalnya udah ngeri duluan ngeliat arangnya mendidih panas keluar asap haha.
Kopi Joss
Kopi Joss, sumber http://www.yogya-backpacker.com
Adegan ngeluarin arang panas dari gelasnya itu jadi bahan ketawaan haha. Sampe mas-mas di sebelah juga merhatiin sambil senyum-senyum.
Keasyikan ngobrol ga terasa waktu udah larut malam. Saya udah merasa kedinginan dan mata mulai ngantuk. Kami putuskan untuk kembali ke Seturan untuk beristirahat dan bersiap untuk perjalanan panjang besok pagi.
Tunggu kelanjutan ceritanya ya..


Follow my blog with Bloglovin

You Might Also Like

1 comments